ZESryUTn8eZmKhSM2TSJ9LZvZEviAo6M94zBnnZn

Asal Mula Penamaan Kopi Diberbagai Negara

Hallo kopi lovers, bertemu lagi di tinyuh.com dan kali ini kita akan menelusuri Asal Mula Penamaan Kopi Diberbagai Negara termasuk di negeri kita tercinta ini.

Sejarah Nama Kopi

Seperti yang sudah dibahasa dalam sejaran kopi dan penyebarannya di dunia, bahwa kopi tidak bisa dilepaskan dari peran bangsa Arab dalam penyebarannya. Termasuk istilah penyebutan untuk biji hitam yang menjadi bahan minuman berkelas ini.

Pada tahun 1600 M kopi mulai masuk ke Eropa plus dengan penamaannya. Secara otomatis pula nama kopi ini diadaptasi dari bahasa pembawanya yaitu bahasa Arab.

Orang arab sendiri menyebut kopi ini dengan sebutan QOHWAH, ketika memasuki turki bunyinya berubah sesuai dengan lisan orang turki dimana mereka menyebut kopi ini dengan Kahveh.

Penjelasan diatas didapat dari buku All About Coffe karya Wiliam H. Ukers tahun 1922.

Kemudian dijelaskan pula bahwa bangsa Arab menyebut Qohwah ini tidak ditujukan sebagai tanaman tetapi lebih menyebut minuman yang berasal dari biji yang ditumbuk lalu diseduh dengan air panas.

Selain itu ada juga yang berpendapat bahwa pada masa awal kebudayaan arab sering menyebut minuman yang terbuat dari perasan Anggur dengan kata Qohwah ini.

Tetapi bagai manapun, penyebutan istilah qahwa ini didasarkan pada kebudayaan minum kopi oleh bangsa Arab dipecayai akan memberikan kekuatan.

Nah, kata Qohwah ini dengan atau tidak disengaja akhirnya dilekatkan oleh mereka pada minuman yang bebahan dasar kopi ini.

Dalam Symposium on The Etymology of The Word Coffee pada tahun 1909 secara ilmiyyah awal mula penamaan kopi dibahas dan disepakati sebagai kata yang merujuk pada istilah yang diambil dari bahasa Arab, yakni Qahwa yang berari kuat.

Perdebatan Mengenai asal muasal penamaan kopi ini terus berlanjut.

Sebagian pihak ada yang menyangkal pendapat diatas, bahwa penamaan kopi ini bukan diambil dari istilah dalam bahasa Arab. Tetapi diadaptasi dari kata "Kaffa" sebuah nama tempat di Abyssinia yang diyakini sebagai tempat asal tanaman kopi ini.

Namun pendapat tersebut tidak didukung dengan bukti kuat dan akhirnya terbantahkan. Karena ada bukti lain bahwa dikota "Kaffa" tersebut penduduknya menyebut biji kopi ini dengan istilah "BUN". Sementara dalam bahasa Arab "BUNN" dipakai untuk menyebut biji kopinya, bukan minumannya.

Terlepas dari perdebatan itu, dari kata Qahwa inilah istilah penyebutan kopi deberbagai negara diadaptasi.

Orang Turki menyebutnya dengan "kahve", Belanda dengan "Koffie", Perancis menyebutnya "Cafa", Italia menyebutnya "Caffe", Inggris menyebutnya "Coffee", Cina menyebutnya "Kis_fey" Jepang menyebutnya "Kehi" dan orang melayu menyebutnya "kawa".

Kemudian dibumi nusantara sendiri, sudah tidak asing lagi kita menyebutnya dengan "KOPI" dan ini lebih dekat dengan bahasa Belanda yakni "Koffie". Hal ini sangat logis ya, karena bangsa Belandalah yang pertama kali mengembangkan kopi di Nusantara ini.

Nah, itulah sekilas mengenai Asal Mula Penamaan Kopi diberbagai Negara di dunia termasuk di bumi nusantara yang sangat membanggakan ini.

Jangan lupa, Tinyuh kopinya dengan penuh cinta agar cita rasa yang mucul akan menebarkan semerbak kebahagiaan untuk hidup kita.

Sampai jumpa pada postingan berikutnya. Salam.
Related Posts
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar