ZESryUTn8eZmKhSM2TSJ9LZvZEviAo6M94zBnnZn

Awal Sejarah Kopi Dan Penyebarannya di Dunia

Sudah tahukah awal sejarah kopi dan penyebarannya di dunia? Simak penjelasan berikut ini ya guys, siapa tahu menjadi wawasan berharga buat kopi lovers! 😅

Dalam postingan perdana ini tinyuh.com sengaja mengambil tema sejarah kopi dan perkembangannya di dunia. Harapannya agar kopi lovers mengerti dan paham bahwa ada perjuangan dan perjalanan panjang sebelum akhirnya kopi lovers bisa menikmati minuman berkhasiat ini.

Keberadaan kopi diketahui sejak 1000 SM (sebelum masehi) dan digunakan oleh suku Galla di Abyssinia sebuah wilayah tua di Afrika Timur yang meliputi Ethiopia dan Eritrea.

Dalam penjelasan sejarah, tidak diketahui bagai mana orang - orang Abyssinia menggunakan dan mengolah kopinya.

Kemudian, selanjutnya kopi menjadi populer sebagai minuman awalnya dipelopori oleh para pedagang Arab. Dan biji kopi yang berasal dari Abyssinia ini dibawa oleh para pedagang Arab ke Yaman sebagai komoditas yang diperjual belikan.

Pada saat awal kemunculan kopi sebagai komoditi ini bangsa Arab langsung menjadi penguasa pasar untuk perdagangan biji-biji kopi.

Pengendalian pasar biji-biji kopi oleh pedagang Arab ini terkonsentrasi di sebuah kota pelabuah yang merupakan salah satu wilayah di Yaman, tepatnya di pelabuhan Mocha.

Dari pelabuhan Mocha inilah akhirnya biji kopi berhasil mencapai pasaran Eropa. Oleh karen pelabuhan Mocha ini merupakan satu-satunya pelabuhan yang menjadi sumber biji-biji kopi yang datang ke Eropa, sehingga mereka selalu menyebut kopi ini dengan kopi Mocha.

Sejarah Awal Penyebaran Kopi


Dalam sejarah awal kemunculan islam itu, disebutkan bahwa Nabi Muhammad saw sebagai pembawa Islam pernah mengutus para sahabatnya untuk meminta suaka kepada Raja Ethiopia.

Kemungkinan dari sinilah kopi mulai dikenal oleh bangsa Arab dan seiring waktu berubah menjadi minuman berkelas di kalangan orang Arab pada waktu itu.

Sekitar tahun 1400 M, kedai kopi sudah marak di seluruh wilyah Arab, terutama di dua kota suci, yakni Mekah dan Madina.

Pesatnya kopi di jazirah Arab ini sedikit banyaknya juga telah dipengaruhi oleh hasil dari salah satu riset yang dilakukan oleh seorang ulama besar bernama Ibnu Sina.

Masyhurnya kopi telah mendorong Ibnu Sina (1000 M) sang ulama yang ahli dalam bidang kedokteran melakukan penelitian pada kandungan zat kimiawi dalam kopi.

Dokumen hasil penelitiannya itu menjadi dokumen pertama yang membahas kopi dari sisi ilmu kedokteran dan kesehatan.

Kebudayaan dan keadaan wilayah Arab pada waktu itu telah mempengaruhi kultur ekonomi yang mereka jalankan, yaitu dengan melakukan perjalanan dagang ke berbagai wilyah, termasuk Turki yang merupakan wilayah Eropa paling dekat dengan jazirah Arab.

Pada tahun 1453 M saat kesultanan Utsmaniyah, bangsa Turki mulai memperkenalkan kopi kota Konstantinopel. Sekitar tahun 1475 M muncul kedai kopi pertama disana yang mashur dengan kedai Kiva Han.

Dari sinilah kopi mulai merambah ke wilyah-wilayah Eropa terjauh dari jazirah Arab.

Selain ke wilyah Eropa, kopi juga menyebar dari Arab ini ke Asia Kecil (India) yang dibawa oleh para jama'ah haji, selepas merek menunaikan ibahda haji di mekah dan madinah. Ini terjadi pada tahun 1600 M.

Demikian wawasan singkat mengenai awal sejarah kopi dan penyebarannya di Dunia. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa tinyuk kopinya dengan penuh kasih agar melahirkan cita rasa yang membahagiakan kehidupan kita. Salam
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar