ZESryUTn8eZmKhSM2TSJ9LZvZEviAo6M94zBnnZn

Cara Minum Kopi Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Hallo kopi lovers, sudah tahukah bagaimana cara minum kopi untuk menjaga kesehatan tubuh kita? Kalau belum tahu sebaiknya kenali dulu caranya. Tapi sebelum lanjut jangan lupa tinyuh dulu kopinya ya!

Kopi yang masyhur sebagai minuman nikmat di dunia dan banyak yang percaya bahwa kopi ini sangat berkhasiat untuk mencegah datangnya kantuk. Ternyata menuntut kita sebagai kopi lovers untuk mengkonsumsinya dengan cara yang benar.

Cara yang benar dalam mengkonsumsi kopi sangat berpengaruh pada kebugaran tubuh, diantaranya membuat tubuh lebih bugar, tetap terjaga dan bisa menghilangkan rasa lemas.

Tetapi sebaliknya, mengkonsumsi kopi dengan cara yang salah, sering membuat seseorang mengeluh dengan sakit yang ditimulkan karena mengkonsumsi kopi.

Intinya, setiap makanan dan minuman yang baik serta menyehatkan, bisa jadi malah menjadi sumber masalah bagi kesehatan kita, salah satunya karena cara penyajian dan mengkonsumsinya yang keliru.

Nah, penjelasan singkat diatas menjadi alasan kuat buat kopi lovers untuk mengenali cara minum kopi yang benar untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Bagaimana caranya? .. Yuk lanjutkan bacanya yaa...!👌

Cara Minum Kopi Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa cara minum kopi yang benar agar bisa membuat tubuh tetap sehat.

1. Batasi Takaran Ngopi


Minum kopi yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan adalah 3-4 gelas/cangkir sehari. Ini sesuai dengan yang dianjurkan oleh Profesor Budhi Setianto Purwowiyoto (Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah).

Menurutnya, asupan kafein yang aman bagi kesehatan tubuh manusia secara umum harus kurang dari 500 mg sehari. Biasanya dalam satu gelas / cangkir kopi diperkirakan mengandung kafein antara 95-100 mg.

Batas aman minum kopi seperti diatas berlaku bagi orang yang memiliki kesehatan normal. Tetapi, untuk orang-orang yang peka terhadap kafein harus lebih waspada.

Apabila merasa jantung malah berdebar setelah ngopi, sebaiknya kurangi ngopinya atau menghindarinya sama sekali.

Nah begitu kopi lovers, 3-4 gelas kopi saja disetiap harinya, biar tubuh kita tetap sehat dan bugar!

Baca juga: Awal sejarah kopi dan penyebarannya di dunia

2. Sesuaikan Dengan Kondisi Tubuh


Setiap orang memiliki selera masing-masing dalam mengonsumsi kopi. Secara umum dimasyarakat kita, mengenal penyajian kopi ini dalam kondisi yang masih panas. Juga cara penyajian seperti itu diyakini lebih nikmat. Namun, ada juga yang suka mengkonsumsi kopi dingin.

Pertanyaannya, mana yang lebih sehat, kopi panaskah? atau kopi dinginkah?

Nah, kopi lovers.. Seperti dimuat di detik.com bahwa telah ada riset yang dilakukan oleh ahli kimia di Philadelphia University dan Thomas Jefferson University.

Hasil penelitian itu menyebutkan bahwa; kopi panas lebih sehat karena memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi. Penyebabnya adalah proses pembuatannya atau lebih sering disebut brewing.

Selain itu ada juga riset yang melaporkan bahwa karena kandungan asam pada kopi dingin lebih sedikit dari pada asam yang terkandung dalam kopi panas. Sehingga kopi dingin akan lebih memberi kenyamanan bagi penderita mag.

Jadi intinya, kopi lovers harus menyesuaikan diri dengan kondisi tubuhnya saat mengkonsumsi kopi.

3. Ngopi Pada Waktunya


Semua akan indah pada waktunya ya kopi lovers...! hiihihi

Masih dalam rangka ngopi kita bisa berdampak pada kesehatan tubuh, maka penting juga memahami kapan waktu yang tepat untuk minum kopi.

Sudah jadi kesepakatan bersama ya kopi lovers, bila kopi ini adalah jimat yang efektif untuk menahan rasa kantuk ketika begadang.

Tapi ingat, banyak juga keluhan susah tidur khususnya dari mereka yang sering berlangganan minum kopi. Hal ini akibat dari kurang memahami waktu ngopi yang benar.

Para ahli kesehatan dunia menganjurkan ngopi itu satu jam setelah bangun tidur dan 4-6 jam sebelum tidur. inilah waktu ngopi yang menyehatkan.

Alasan mengapa ngopi itu harus satu jam setelah bangun tidur, karena saat baru bangun tidur itu keadaan tubuh sedang memproduksi hormon stres kortisol dalam jumlah yang tinggi.

Hormon stres kortisol yang meningkatkan kewaspadaannya akan membuat efek kafein kopi tidak terlalu berpengaruh terhadap tubuh.

Kemudian yang menjadi alasan "mengapa batas ngopi kita 4-6 jam sebelum tidur?" maksudnya agar ketika memasuki waktu tidur efek kafein dari kopi ini sudah sangat berkurang. Sehingga kopi lovers bisa tidur dengan nyenyak serta tetap fokus dalam mimpi indahnya. 😄


4. Kurangi Campuran Kopi


Kopi lovers kan udah pada tahu ya..! Saat ini kopi sudah disajikan dalam ragam yang macam-macam. Ketika kita nongkrong di kedai kopi, kita akan ditawari berbagai varian kopi, dari yang murni kopi hingga yang dicampur dengan berbagai bahan lain.

Diantara bahan-bahan yang dicampurkan untuk meningkatkan cita rasa kopi dan untuk merayu selera kopi lovers adalah cream, susu dengan lemak tinggi dan gula serta banyak bahan lainnya yang digunakan.

Sebenarnya memang tidak ada salahnya sii kita ngopi dengan kopi yang dicampur bahan-bahan tadi. Tetapi, penting juga untuk dipahami, bisa jadi yang menyebabkan efek tidak sehat pada tubuh itu, justru bukan kopinya, tapi bahan campurannya.

Menurut para dokter, biasanya bahan-bahan yang dicampurkan pada kopi seperti yang diatas itu bisa menjadi sumber kalori eksta. Sehingga resikonya adalah terjadinya diabetes bahkan penyakit jantung.

Selain itu, kopi lovers juga harus menghindari terlalu sering ngopi sambil ngemil dengan cemilan yang berlemak.

Intinya, kopi lovers harus tetap pada prinsip ngopi kita, yaitu untuk membuat tubuh tetap sehat dan tetap semangat dalam menjalani kebahagiaan hidup. amiin.


5. Pilihan Gula Untuk Pemanis Kopi


Tidak semua yang manis itu membahagiakan ya kopi lovers..😊 Tidak sedikit si manis itu sering melukai hati yang tulus. wkwkwk

Ngomong selera, pasti setiap orang memiliki perbedaan. Begitu juga dengan para kopi lovers, ada yang seleranya lebih ke kopi manis dan ada yang sangat suka dengan kopi pahit.

Masih menghubungkan ngopi kita dengan kesehatan, ternyata gula untuk pemanis kopi ini juga kita bisa menentukan pilihan.

Gula yang dianjurkan untuk pemanis kopi ini adalah gula aren (gula beurem), karena kandungan kalori pada gula aren ini lebih kecil dibanding dengan gula pasir biasa. Ada juga sii gula pasir yang sudah di rekayasa sehingga memiliki kadar kalori yang sangat rendah.

Gula dengan kadar kalori yang rendah ini lebih sehat ketika dicampurkan sebagai pemanis kopi.

Mengapa gula aren paling direkomendasikan oleh para dokter? alasannya, karena selain mengandung anti oksidan, dalam gurla aren juga terdapat kandungan polifenol, flavonoid dan antosianin.


6. Menambahkan bubuk kakao


Alternatif lain dari terciptanya cita rasa yang berbeda dalam seni ngopi adalah menambahkan bubuk kakao atau cokelat kedalam kopi kita.

Tentu saja ini juga sangat bergantung pada selera dari para kopi lovers yaa.

Karena seperti yang terkandung dalam gula arean, ternyata bubuk kakao juga memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi dan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Jadi ini bisa menjadi salah satu pilihan gaya ngopi dari para kopi lovers. Selain punya gaya yang berbeda juga tetap berada dalam koridor penjagaan pada kesehatan tubuh.

Itulah Cara Minum Kopi Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh


Semoga informasi ini bisa menambah wawasan kopi lovers semua. Sehingga seni ngopi kita semakin meningkat dan kesehatan kita tetap terjaga hingga akhir menjelang kebahagiaan abadi disana. Amiin.

Sampai jumpa pada postingan berikutnya! Tinyuh kopinya dengan penuh ketulusan. salam
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar