ZESryUTn8eZmKhSM2TSJ9LZvZEviAo6M94zBnnZn

Mengenal Jenis Kopi Diseluruh Dunia

Mengenal Jenis Kopi Diseluruh Dunia - Halo, Assalamu'alaikum wat kopi lovers dimanapun Anda berada. Kita jumpa lagi di tinyuh.com.


Seperti biasa kita akan cuap-cuap mengenai hobi paling penomenal didunia, yakni ngopi.

Oiya kopi lovers, kali ini kita akan membahas tema tentang jenis-jenis kopi yang bertebaran dijagad raya ini.

Mmmph, mungkin semua kopi sama yah, tetapi yang membuatnya berjenis karena lokasi atau wilayahnya yang memang berbeda.

Tidak ubahnya seperti manusia, beda tempat jadi beda warna, bahasa, budaya, karakteristik dan lain sebagainya.

Tetapi kendati berbeda, tetap satu jua, yakni sebagai hamba Tuhan yang maha kuasa.



Sudahkah kopi lovers tahu?.. Jenis-jenis Kopi terbaik dunia, sebagiannya ada di negeri kita tercinta ini, Indonesia.

Tertulis dalam sejarah dan hingga kini tanah air Indonesia sudah dikenal dunia dengan hasil sumber daya alamnya yang sangat melimpah.

Selain kaya akan rempah-rempah yang dibutuhkan manusia diseantero jagad raya ini, Indonesia juga kaya dengan beragam kopi nikmat yang tentunya juga, mendunia.

Bagi Anda para kopi lovers mungkin sebagiannya masih asing dengan berbagai macam istilah yang mengalamatkan anekaragam jenis kopi.

Hasil survey membuktikan, keumuman orang Indonesa hanya mengenal kopi dari jenis Arabika dan Robusta, ada juga yang mulai mengenal jenis lokal,

seperti kopi aceh dan kopi lampung.

Penting sekali kita mengetahui bahwa Indonesia ini menjadi salah satu negara penghasil biji kopi dengan kualitas terbaik di dunia.

Dan khasnya kenikmatan kopi kita ini juga diakui tidak hanya oleh kopi lovers yang berada di dalam negeri, tapi juga di luar negeri sana.

Silahkan telusuri simbah gugel untuk mengetahui perkembangan kopi kita diluar negeri...!

Tahukah kopi lovers, “Kenapa ada begitu banyak jenis kopi di seluruh dunia?”,

Tentu saja ada faktor yang mempengaruhinya, seperti yang sudah disebutkan diawal tulisan ini, yaitu perbedaan kondisi wilayah.

Juga dalam hal cara membudidayakan, tentu saja antara negara yang satu akan memiliki perbedaan dengan negara yang lainnya.

Dan yang paling dominan adalah cara pengolahan biji kopi selepas dipanen.

Hal-hal itulah kira-kira yang menyebabkan munculnya jenis kopi yang beragam didunia yang hebat ini.

Kemudian hal yang paling kita syukuri adalah Indonesia memiliki tanah yang subur dan hampir 90% tanahnya cocok untuk ditanami biji kopi.

Pohon kopi akan tumbuh dengan baik di wilyah dengan daerah yang memiliki iklim tropis dan subtropis, tentunya ini pun terserah dari jenis kopinya.

Di Negeri kita ini, pohon kopi tersebar diberbagai provinsi, dengan pengelolaan yang berbeda-beda, hingga melahirkan kekhasan masing masing. Seperti kopi Aceh dan Lampung.

Juga sudah saya singgung diatas, bahwa jenis kopi yang paling dikenal dan populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah arbika dan robusta.

Konon katanya, mereka sepakat bahwa 2 jenis kopi ini memiliki mutu dan kwalitas yang lebih unggul dibandingkan dengan kopi lainnya.

Padahal masih banyak lhoo jenis kopi dengan kwalitas tinggi didunia ini.

Jadi, kopi lovers wajib mengetahui berbagai jenis kopi itu, biar hobi ngopinya semakin hatam dan berkelas...

Yuk kita intip beberapa Jenis Kopi yang populer di Dunia termasuk di Indonesia yah..!

Kopi Luwak

Jenis kopi ini sebenarnya sama saja dengan yang lain, bahkan kopi ini awalnya ada yang arabika adapula yang robusta.

Kemudian yang menjadi sebab ia memiliki nama lain dalam jenisnya adalah proses panennya tidak diambil dari pohonnya seperti biasanya.

Tetapi kopi luwak, dipanen oleh hewan yang bernama luwak, kemudian ia keluar dari perut luwak dalam bentuk kotoran.

Karen biji kopi tidak hancur dicerna oleh luwak, maka biji kopinya masih utuh. nah inilah yang diambil oleh petani kopi dan kemudian diolah seperti kopi pada umumnya.

Kopi luwak ini menjadi kopi dengan derajat penomenal di muka bumi ini, selain karena keunikan dalam cara mendapatkan bijinya juga memiliki citarasa yang cukup tinggi.

Proses permentasi yang berlangsung dalam perut luwak adalah cara yang sangat tidak biasa, sehingga membuatnya menjadi unik.

Inilah yang dipercaya banyak orang, sebagai sebab mengapa kopi luwak ini memiliki rasa yang super nikmat.

Baca Juga :

  1. Asal Mula Penamaan Kopi Di Seluruh Dunia
  2. Secangkir Kopi Vs Penyakit Jantung, Bolehkah?


Kopi Arabika

Kopi jenis ini merupakan jeni kopi yang paling terkenal didunia, karena tersebar hampir di seluruh negara yang ada di dunia ini.

Kopi lovers menempatkan jeni kopi Arabika ini sebagai kopi tradisional yang memiliki cita rasa yang paling baik.

Tidak mengherankan bila kopi yang satu ini biasa menguasai pangsa pasar kopi dunia, dengan persentase 70-80% dari jumlah kopi yang beredar di pasaran adalah kopi dari jenis Arabika.

Kopi arabika ini memiliki ciri-ciri ukuran biji yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis kopi lainnya.

Selain itu, kopi arabika juga memiliki rasa dan aroma yang lebih nikmat, serta kandungan kafeinnya lebih rendah sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

Kopi Robusta

Jenis kopi ketiga yang paling populer di Indonesia dan di dunia adalah Kopi robusta.

Jenis kopi ini memiliki ciri-ciri ukuran biji yang besar dan umumnya berbentuk oval.

Robusta bisa tumbuh dalam lingkungan sejuk maupun di lingkungan yang tergolong panas, dimana jenis kopi arabika tidak bisa tumbuh.

Kopi yang biasa tumbuh di negara-negara beriklim tropis dan subtropis ini memang tidak memiliki aroma dan rasa sebaik kopi arabika.

Rasanya juga lebih pahit dan sedikit asam, serta kandungan kafeinnya pun lebih tinggi.

Jadi wajar saja kalau kopi jenis ini dihargai dengan harga yang lebih murah dari jenis kopi Arabika.

Tapi meskipun begitu, masih ada banyak orang yang suka dengan jenis kopi yang satu ini.

Kopi Liberika

Tipe kopi yang satu ini memanglah belum sangat banyak tersebar di pasar kopi dunia sebab memanglah masih sangat sedikit produsen kopi yang mengembangkannya. 

Tetapi jangan salah, kopi ini berasal dari biji kopi Arabika serta Robusta yang dipadukan sehingga menciptakan kopi dengan cita rasa kelas dunia. 

Kamu hanya dapat mengalami tipe kopi ini di Liberia, Afrika. Harga kopi tipe ini pula terkategori lumayan mahal sebab rasanya yang sangat lezat. 

Umumnya tipe kopi ini terbuat jadi kopi espresso serta latte. Bisa jadi inilah yang jadi keunggulan kopi liberika.


Kopi Kolombia

Kopi Kolombia tercantum salah satu tipe biji kopi yang lezat serta terkenal di dunia. Cocok dengan negeri namanya, tipe kopi ini berasal dari Kolombia serta tidak dapat ditemui di wilayah yang lain. 

Biji kopi Kolombia awal mulanya berasal dari Afrika serta masih tercantum tipe kopi Arabika. Tetapi ya pasti saja rasa dari kopi Kolombia ini lebih nikmat dibanding kopi Arabika biasa.


Kopi Excelsa

Kopi excelsa( Coffea excelsa) ialah salah satu tipe kopi yang sangat toleran terhadap ketinggian lahan. 

Kopi ini dapat berkembang dengan baik didataran rendah mulai 0- 750 m dpl. Tumbuhan kopi excelsa dapat menjulang sampai 20 m. 

Wujud daunnya besar serta lebar dengan corak hijau keabu- abuan. Kulit buahnya lembut, dapat dikupas dengan gampang oleh tangan. 

Tidak hanya itu, kopi excelsa pula tahan terhadap temperatur besar serta kekeringan. 

Kelebihan lain tipe kopi excelsa dapat berkembang baik di lahan gambut. Jika di Indonesia sendiri, excelsa ditemui secara terbatas di wilayah Tanjung Jabung Barat, Jambi.


Kopi Jamaika

Salah satu kopi yang mendunia yang lain merupakan Kopi Jamaika ataupun yang biasa diketahui dengan Jamaican Blue Mountain. Tipe kopi ini dibudidayakan di Jamaica’ s Blue Mountains. 

Walaupun berasal dari tumbuhan kopi biasa, malah kopi ini jauh dari kata biasa, serta biayanya juga sangat mahal, apalagi tercantum salah satu kopi premium dengan harga paling tinggi di dunia. 

Kopi ini mempunyai sebagian keunggulan istimewa, ialah rasanya tidak getir serta teksturnya yang ringan, sangat lingkungan, rasanya nyaris semacam krim. Kopi ini kayaknya layak buat Kamu coba. 

Segitu dulu ya Coffe lovers untuk infomasi kali ini, semoga artikel ini bermanfaat sebagai penambah wawasan kita.

Sederhana tidak selalu harus meniadakan segalanya, namun sederhana adalah membuat segala sesuatunya sebagai bagian dari kewajaran.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar