ZESryUTn8eZmKhSM2TSJ9LZvZEviAo6M94zBnnZn

Cara Menanam Kopi yang Baik dan Benar

Cara Menanam Kopi yang Baik dan Benar perlu dipahami oleh siapapun yang ingin memulai peruntungan dalam pertanian kopi. 

Ponon Kopi Di situ Cisanti

Apabila kita membahas perihal kopi tentu saja tidak akan pernah ada habisnya. Nampaknya memang minuman sejuta umat ini semakin lama semakin mulai menemukan eksistensinya. 

Lihat saja, kini telah banyak kita jumpai orang-orang yang mulai penasaran dengan cara menanam kopi yang sesuai.

Hal ini sangat tidak mengherankan, terlebih setelah mengetahui bahwa bisnis caffe kopi wifi mampu memberikan tawaran keuntungan berkali-kali lipat, tentu saja semakin banyak orang yang berlomba-lomba untuk bisa memulai bisnis menguntungkan tersebut.

Lihat saja, di sepanjang jalan kalian tidak akan lagi kesulitan menemukan penjual kopi. Hampir di setiap petak terdapat tempat singgah yang juga menyediakan kopi, meskipun itu bukan cafe atau pun warung kopi pada umumnya. 

Tentu saja hal ini juga yang menjadi latar belakang banyak orang ingin tahu cara menanam kopi secara mandiri.

Mengapa banyak orang ingin bisa menanam kopi?

Tentu saja kita semua tahu, bukan perihal asas ekonomi? Benar sekali, mengeluarkan sesedikit mungkin (modal) untuk meraih keuntungan yang lebih besar. 

Hal seperti ini juga berlaku dalam hal bisnis perkopian. Dengan semakin banyak pebisnis tahu cara penanaman, tentu saja peluang keuntungan semakin besar.

Nah, sebelum mengetahui cara menanam kopi, kalian setidaknya harus tahu terlebih dahulu seperti apa karakteristik tanaman kopi sebelum mulai membudidayakannya. 

Misalnya saja dimana dia bisa berkembang dan bagaimana mekanismenya.

Kopi sendiri hanya bisa hidup di wilayah dataran tinggi dengan suhu sejuk. Misalnya di wilayah Jawa Tengah (tawangmangu, sarangan), Sumatera (bukittinggi), Aceh, dan juga daerah Jawa Barat. 

Semua tempat ini terkenal dengan hasil tanaman kopi mereka yang melimpah ruah dan berkualitas tinggi.

Selanjutnya, langsung saja kita beralih pada pembahasan utama yaitu mengenai bagaimana cara menanam kopi yang baik dan benar sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal pula. Berikut ini diantaranya:

Pemilihan bibit

Dalam tahapan ini kalian harus ekstra hati-hati. Jangan sampai salah memilih benih. Benih inilah yang nantinya akan menentukan apakah hasil tanaman kopi kita baik atau buruk kualitasnya. 

Oleh karena itu, akan lebih baik jika kalian membeli bibit kopi di tempat yang memang sudah terbukti kualitasnya.

Proses penanaman

Setelah selesai dengan tahapan pemilihan bibit, selanjutnya kita akan masuk pada tahapan kedua dari ulasan mengenai cara menanam kopi. 

Proses penanaman ini juga sama pentingnya dengan pemilihan bibit pada tahap sebelumnya.

Hal ini juga berlaku pada bibit yang unggul sekalipun. Meski bibit yang kalian bawa sangat unggul akan tetapi jika terjadi masalah dalam hal penanaman maka hasilnya pun juga akan kurang bagus.

Proses perawatan

Adapun cara menanam kopi ini meliputi diantaranya adalah penyiraman tanaman, penyiangan rumput dan tanaman liar lain di sekitar kopi, dan juga tahap pemupukan. 

Kalian harus pastikan bahwa ketiga tahap ini benar-benar dilaksanakan. Karena jika tidak, sekali lagi kualitas tanaman kalian lah yang akan menjadi jaminannya.

Proses panen

Kalian juga harus tahu mengenai cara panen kopi, bukan hanya bagaimana cara menanam kopi nya saja, melainkan juga untuk menjaga supaya hasil kopinya akan tetap utuh dan juga berkualitas.

Bagaimana? Tertarik juga untuk ikut dalam pembahasan lebih lanjut seputar cara menanam kopi, ini? Jika iya, kalian bisa mencari referensi seputar pembahasan sebelumnya di internet. Semoga pembahasan ini dapat membantu kalian. Enjoy!


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar